I Love Daratan

10-10-2010 ehm… Kenapa ya hari ini pada banyak yang nikah, padahal menurut gue tanggal yang biasa aja sih, meskipun sedikit ngasih gue motivasi buat nulis lagi (hahaha… nggak nyabung).

O y, kebetulan banget, sehari sebelum tanggal yang “biasa aja” ini (berarti 10-1 samadengan…., 9!!) ya ya tanggal 9-10-2010, gua ada kisah nyata yang sadis, mengenaskan, sedih, pilu haru, dsb... kayaknya gue gak bisa ngelupain kejadian yang itu.

Hari Kamis, 7-10-2010, angkatan gue dapet undangan dari kakak tingkat tahun 2008 buat ikut acara pengajian mereka. Ya sebagai adek tingkat yang baik dan pura-pura lugu…, kami terima aja undangan tadi. Terutama buat gue yang di kelas adalah ketua tingkat, mau gak mau harus ikut.

Sebelum hari H nya, gue Tanya ke kakak tingkat gue, acara nya mau di adain d mana??
Gue sms-an beberapa kali, akhirnya gue tau kalau acara pengajian nya nanti bakal di adain di Pulau Kemaro.

Hm… walaupun sudah pernah kesana waktu SMA dulu siii, tapi gue rasa kali ini bakalan lebih asik, cz bareng temen-temen n’ kakak tingkat yang baru kenal beberapa bulan terakhir.

Hari Sabtu, 9-10-2010. Hari itu gue mulai dengan sarapan nasi uduk 2 bungkus. Nggak tau nape, gue pagi itu ngrasa laper banget (sebenernya bukan pagi hari itu aja sih… hahaha). Selesai sarapan, ya seperti bias gue bantu2 emak gue beresin rumah. hehehe… Ya itung-itung libur, dari pada tidur lagi. ya nggak? emang mbah surip, bangun tidur, tidur lagi…(buat cewe-cewe yang lagi nyari cow yang rajin, gue lagi jomblo nih, hahaha…).

Lanjut….

Abis bantu emak gue, gue sempetin dulu buat maen gitar bentar, baru kemudian jam 8.30 gue siap-siap mandi (padahal seharusnya jam 8.30 itu gue harus sudah di tempat. Hah, Lupakan….)

Abis mandi gue langsung buru-buru ke kamar trus pake pakaian.
10 menit beres. Gue pamitan sama emak dan bapak gue.

Akhirnya gue berangkat dengan Kuda Besi gue… Gue ngibas, 20 menit kemudian gue sampe di Taman Ampera.
Gue piker udah ramean yang dateng. eh… pas ketemu temen gue disana, ternyata baru 4 orang yang dateng. (Salah! seharusnya tadi gue ngaret 3 jam aja, sadis!!)

Setelah 30 menit-an kami kering, akhirnya kakak tingkat udah pada dateng semua.
Kakak tingkat: Eh, udah lama nunggu??
Gue: Ah nggak kok kak, baru nyampe juga… :)
Batin Gue: Kampreeetttt pake di tanya lagi…
Kakak tingkat: Wah, berarti pas banget donk…
Gue: He em, pas banget kak. :D
Batin gue: Pass dari Hongkong…

Kami pun ngobrol sebentar sambil bercanda dikit itung-itung ngilangin stress juga lah…
Selesai ngobrol, Kakak tingkat gue pun nyari mamang tukang sewa ketek terus nyewa 2 kapal (satu ketek 10 orang).

Akhirnya kami pun berangkat menyusuri Sungai Musi, menuju Pulau Kemaro. Di jalan, kami masih bercanda, foto-foto, ketawa-tawa sampe gigi kering, untung aja gak ada yang kepikiran buat lompat dari ketek.

Asik sih di sungai sambil seneng-seneng kayak gitu, walaupun ketek yang kami tumpangi goyang terus kena ombak speed boat gara-gara cuma bisa paling ngebut 20km/jam.

1 jam lewat akhirnya sampe juga di Pulau Kemaro.
Kami lalu nyari tempat yang pas buat ngumpul sekalian untuk pengajiannya nanti.
Setelah keliling-keliling akhirnya dapet juga tempat ngumpul yang pas dan rindang.
Acara pun dibuka oleh kakak tingkat gue, Kak Habib. Setelah membuka dengan shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, beserta keluarga, istri-istri, sahabat-sahabat dan insya Allah kita sebagai pengikutnya hingga akhir jaman, amin… (kok malah jadi gue yang sambutan?) Kak Habib pun mempersilahkan Kak Heru untuk langsung membaca ayat-ayat Al-Quran.

Beh, ternyata denger ayat Al-Quran di Pulau Kecil, di bawah pohon yang rindang, dengan angin sungai yang sepoi-sepoi sangat menenangkan.
Setelah pengajian yang sangat adem tadi. Acara selanjutnya di isi oleh siraman rohani oleh Kak Angga.

Ehm… dari sinilah masalah dimulai.
Awal-awal nya sih gue khusuk banget denger ceramah asik dari Kak Angga, apalagi di selingi cemilan-cemilan yang sengaja di bawa kakak tingkat buat acar ini.

Tapi 15 menit kemudian perut gue tiba-tiba mules. Gue baru inget, gue mandi pagi tadi buru-buru, jadi gue gak sempet nglakuin ritual rutin pagi umat manusia.
Terus gue ijin ke WC sama kak Habib yang duduk di sebelah gue.

Setelah ijin, gue ajak Gusti (temen satu kelas gue) buat kaliling nyari WC. Maklum, waktu kesini SMA dulu gak kayak ini kejadiannya.
Gue pun keliling clingak clinguk nyari WC, sampe akhirnya gue deketin bangunnan dengan belasan pintu yang dari tadi gue curigain itu adalah WC umum. Dan ternyata bener, itu adalah WC umum. Tapi aneh nya di dalem sebanyak WC itu gak ada seember pun air, mana bau lagi.

Rasa cemas pun dateng, gue takut kalo tiba-tiba gue udah gak tahan terus gue harus berritual di WC yang gersang itu. Apa jadinya?? Gimana gue bisa keluar? Bisa-bisa gue bakal jadi legenda korban mules di Pulau Kemaro. Hah…
Gue coba tahan hasrat BAB gue. Gue keliiling lagi sama Gusti yang masih setia. Dan dengan rasa gelisah, gue ngliat mbah-mbah yang kayaknya juru kunci pulau ini. Gue nanya ke mbah itu.
Gue: Mbah, di sini ada WC gak ya mbah?
Mbah: O… ada, itu WC nya.
Sudah kuduga… mbah tadi nunjuk kearah WC suram dan gersang yang gue samperin tadi…
Gue: Hm… gak ada WC lain ya mbah, soalnya saya kebelet BAB nih. Di WC itu nggak ada airnya…
Mbah: O y sdh, pake WC mbah aja, disitu tempatnya…
Mbah tadi sekarang nunjuk ke arah sebidang tanah yang di kelilingi seng-seng karat tanpa atap yang sudah reot.
Gue: Itu ya mbah?
Mbah: Iya di situ.

Gue lansung cepet ke WC mbah tadi dengan gembira. Sampe di tempat, gue buka pintunya, gue kaget, ternyata WC ini sangat terbuka. Seng yang nglilinginya tadi cuma setinggi leher gue. Seng nya pun banyak bolongnya, untung letak geografisnya agak di sudut, di tepi pulau, berbatasan langsung dengan sungai…
Bodo amat dah dalem ati gue, yang penting gue bisa puup sekarang, terus keluar dengan senyum yang mempesona…

Sebelum gue lepas celana gue, gue nyari dulu dimana lobang kakus WC mbah ini yang dari tadi gak keliatan. Gue clingak-clinguk gak ketemu-ketemu. Gue angkat triplek yang gue curigai sebagai tutup kakus WC mbah ini, tapi ternyata nggak ada juga.
Dan ternyata… kampreettt!!! kesimpulan penelitian gue tentang WC mbah ini ternyata WC nya gak ada lobang kakusnya…

Dohh… mana udah kebelet lagi.

Gue akhirnya keluar tanpa senyum yang mempesona (ya iya lah…) Gue samperin Gusti yang nongkrong di deket mbha tadi.
Gusti: Udah Jar??
Gue: Udah Gus, yok sekarang kita ngumpul lagi. O y Mbah, makasi WC nya tadi…
Mbah: Iy, iy sama-sama…

Gue bingung dengan mbah itu. Dia tau gak ya kalau gue gak ketemu dengan lobang kakusnya yang sangat misterius itu…

Gak peduli, gue langsung menuju tempat kumpul tadi. Anehnya sekarang mules gue agak sedikit reda.
Ternyata acara sudah selesai. Ceramah Kak Angga tadi adalah acara terakhir.
Kak Habib: Ok temen-temen, acara pengajian kita selesai, sekarang kita keliling terus foto-foto sebelum pulang.

Yeah, gue seneng denger kabar itu. Gue pun ikut keliling dan foto-foto dengan ekspresi yang agak berbeda dari biasanya.
30 menit berlalu, acara sekarang udah bener-bener selesai. Kami akhirnya menuju ketek yang udah nunggu buat pulang ke dermaga Ampera tadi.

Ketek pun jalan.

Tapi tiba-tiba mules gue yang udah reda tadi kemudian muncul.
Wah… gawat gimana ini?? Kapal udah terlanjur jalan... perjalanan ke darat masih 1 jam lebih lagi??

Gue gelisah bukan main, ombak speed boat laknat yang nggak bersahabat mengguncang ketek kami, membuat perut gue makin mules.
Bagi gue perjalannan pulang kali ini 360 drajat berbeda banget dengan perjalanan awal tadi.

Di ketek gue cuma bisa pucet, diem, berdoa, trus fokus berkompromi dengan perut gue supaya jangan sampe dia ngeluarin yang seharusnya gak keluar di tempat umum seperti ini.

Hah... Mules di tengah perjalanan sungai dengan ketek yang cuma bisa jalan 20km/jam sungguh sangat menyiksa gue. Gimana nggak, masak gue harus nekat nyebur dari katek terus tenggelem bersama dengan harapan menggapai daratan? nggak mungkin kan?
Yah, mau gak mau mules ini gue tahan terus.

Keringet dingin cuma bisa gue lap dengan jaket yang gue lepas. WC-WC warga di pinggir sungai cuma bisa gue lihat menjauh dari gue seolah-olah berkata “kasian delo…”

Yah penderitaan masih panjang. Ketek kami yang pantas dijuluki dengan Siput Sungai ini masih belum jauh meninggalkan Pulau Kemaro. Jembatan Ampera belum kelihatan, Pasar 16 ilir juga begitu.

Di tengah perjalanan itu gak ada satupun yang negor gue, gue bersyukur, kayaknya isnting temen-temen dan kakak tingkat gue sudah ngerti dengan ekspresi ngeden gelisah gue ini.

45 menit sudah. Akhirnya terlihat juga kubah Mesjid Agung, gedung Pasar 16 Ilir, dan Jembatan Ampera. Secerca harapan bagi kelanjutan hidup gue mulai ada. Tapi sialnya Si Siput Sungai ini terlalu pelan. Mules gue udah stadium 4, udah di ujung banget nih…

Gue mejem… kemudian melek. Mejem lagi, melek lagi berharap pas buka mata, Siput Sungai ini sudah menepi.

20 menit berlalu lagi. Akhirnya sampe juga. Kami menepi di dermaga Ampera. gue yang udah nggak tahan lagi langsung berdiri terus meloncat dari kapal. Kemudian setelah semua turun, gue langsung minta ijin ke Kak Habib buat cabut duluan dengan alasan udah di tunggu ortu di rumah. Begitu juga Gusti. Ya kak Habib percaya aja sih. Terus gue ajak Gusti untuk ikut gue nyari WC umum.

Untung aja Gusti sudah agak hafal daerah di sini, jadi gak lama kami nyari WC umum.
Gue langsung masuk, terus melepaskan penyiksaan yang gue tahan dari tadi.
Setelah lega, Gue bayar biaya WC tadi kemudian langsung pulang. Gusti yang dari tadi setia gue ajak nyari WC pun begitu.

Hah!! sampe sekarang gue masih terauma kalo di ajak ke Pulau Kemaro. Apa lagi menyusuri Sungai Musi denga Siput Sungai tadi. Nggak lagi deh!! Kapok gue...

Pesan Moral: Hargai lah WC mu, karena di suatu keadaan kamu pasti akan mendambakannya.

1 Response to “I Love Daratan”

  1. venyus says:

    #ngakaksampesakitperut
    gilee jar. biso ngebayanginnyo aku nahan sakit perut itu cakmano..
    *muka pucet, keringet dingin* >.<
    pasti kau nih dak biso liat banyu sungai. LOL.

    eh eh update cerita lagi yoo ^^

Leave a Reply